Banyak Makan Daging? Ini 5 Kegiatan Seru untuk Turunkan Kolesterol Jahat!

 

Sajian Idul Adha yang terbuat dari aneka daging dan bumbu santan bikin kolesterol naik? Coba turunkan dengan berbagai kegiatan seru ini yang dijamin bikin kamu lebih semangat untuk “exercise”!

 

Habis makan banyak makanan olahan daging? Wajar jika kamu merasa khawatir kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) dalam tubuh meningkat. Apalagi ada banyak sajian lezat dari daging sapi atau kambing yang biasa disajikan saat merayakan Idul Adha.

Sebelum kolesterol jahat terus menumpuk, ada baiknya untuk mulai berolahraga untuk meningkatkan kolesterol baik alias high-density lipoprotein (HDL) yang berguna untuk mencegah penumpukan kolesterol. Salah satu cara termudah untuk meningkatkan kolesterol baik adalah dengan aktif bergerak atau olahraga. Hasil studi Physical activity, high density lipoprotein cholesterol and other lipids levels, in men and women from the ATTICA pun sudah membuktikan kalau wanita yang lebih aktif punya tingkat HDL lebih tinggi daripada yang lebih pasif.

Baca juga: Kolesterol Tinggi di Usia 20-an? Begini Cara Menurunkannya!

Namun, kegiatan olahraga yang itu-itu aja bisa membuat jenuh dan malah bikin malas bergerak. Jadi, nggak ada salahnya untuk bergerak dengan kegiatan-kegiatan yang lebih fun. Baca terus untuk tahu kegiatan seru apa aja yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol ya.

 

Window shopping

Berjalan kaki selama satu jam selama lima hari dalam seminggu terbukti bisa menurunkan kadar LDL dalam tubuh, berdasarkan hasil studi Metabolic and anti-inflammatory effects of a home-based programme of aerobic physical exercise. Pas banget nih karena long weekend kita ada lima hari! Supaya kegiatan berjalan jadi lebih seru dan nggak membosankan, kamu bisa melakukannya di mall sambil window shopping. Jika ingin menikmati pemandangan outdoor juga, kamu bisa coba datang ke mall Senayan Park, Central Park, atau Ashta.

 

Main di dog park

Beauty enthusiast yang memiliki atau menyukai anjing bisa membawa anabulnya ke dog park! Selain mereka bisa exercise sambil bersosialisasi dengan anjing-anjing lain, kamu pun bisa ikutan exercise dengan bermain ataupun berlari bersama yang tentunya lebih menyenangkan daripada lari sendirian. Menurut kardiolog Leslie Cho, MD, exercise adalah awal yang baik jika kamu berupaya menurunkan kolesterol jahat. Memang berlari di dog park nggak bisa sejauh berlari di taman biasa atau komplek sekitar rumah, tapi bisa jadi kegiatan bergerak yang menyenangkan! Beberapa dog park yang bisa dikunjungi misalnya seperti Hyde Park di PIK 2, Woof Avenue di Gading Serpong, atau Como Park di Kemang.

 

Jogging di pinggir pantai

Jika masih belum puas dan belum merasa cukup lari-larian di dog park bersama anabul, exercise lain yang bisa kamu lakukan adalah jogging. Namun, daripada jogging di komplek atau taman dekat rumah yang pemandangannya itu-itu aja, kamu bisa coba untuk jogging di tempat lain untuk ganti suasana mumpung sedang libur. Misalnya seperti jogging di tepi pantai supaya kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan pantai sambil mendengar suara deburan ombak yang menenangkan. Beberapa pantai yang bisa kamu kunjungi di Jakarta adalah Pantai Ancol atau Pasir Pantai Putih di PIK 2.

Baca juga: 5 Film di Netflix yang Cocok Jadi Tontonan Selama Long Weekend!

 

Bikin cover dance k-pop

Beauty enthusiast yang juga penggemar k-pop bisa mencoba bikin latihan cover dance lagu terbaru biasmu! Nge-dance juga bisa dijadikan kegiatan untuk menurunkan level kolesterol, lho. Selain itu, kamu juga jadi punya kesempatan untuk di-notice bias jika mengunggah video cover dance ke media sosial dan men-tag mereka. Kesempatan yang baik untuk kill two birds with one stone!

 

Naik sepeda di tempat wisata

Sepeda listrik memang menarik dan lebih modern. Tapi jika ingin menurunkan kolesterol, sebaiknya kamu bersepeda dengan sepeda konvensional yang masih perlu dikayuh dengan kedua kaki! Kalau nggak punya sepeda, kamu bisa menyewa di sejumlah tempat wisata seperti Ragunan atau Kota Tua. Jadi, kamu bisa bersepeda sambil melihat hewan-hewan di Ragunan atau berbagai gedung aesthetic di Kota Tua tanpa merasa bosan.

Baca juga:Aktivitas Mindful yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengisi Cuti Bersama Idul Adha

Nah, itu dia lima kegiatan seru yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat di tubuhmu. Apakah kamu punya ide kegiatan “exercise” lain yang seru juga? Tuliskan di comment supara pembaca lain bisa mencobanya juga yaa.

 

Images: Dok. Freepik

The post Banyak Makan Daging? Ini 5 Kegiatan Seru untuk Turunkan Kolesterol Jahat! appeared first on Female Daily.
https://ouo.io/fVt4cp

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started