Ikuti 3 Tips Ini Kalau Kamu Mau Jadi Konsumen yang Pintar!

Saat ini, sudah zamannya untuk para konsumen jadi pintar biar bisa berbelanja online dengan nyaman dan aman! 

Pernah dengar kasus tentang konsumen yang tertipu karena nggak cermat ketika berbelanja? Alhasil mereka mengalami kerugian karena memang itu adalah kesalahan diri sendiri yang nggak bisa digantikan oleh platform e-commerce nya. Tapi, zaman sekarang sih sudah seharusnya para konsumen menjadi smart buyer biar belanja tetap terasa nyaman. Kalau kamu mau jadi konsumen yang pintar, ikuti tips berikut ini, ya!

Baca juga: Terinspirasi dari Batik Kawung, Ini Dia Parfum Kolaborasi Alexandre.J dan C&F Indonesia!

Kalau suka belanja online, cari tahu seluk-beluk mengenai e-commerce yang dipilih

Ayo ngaku, kamu pasti suka belanja online kan? Tentu banyak orang yang suka belanja online karena cukup simpel dan bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Tapi, sebelum kamu memutuskan untuk belanja online, jangan lupa untuk cari tahu lebih detail tentang platform e-commerce yang kamu pilih. Kamu bisa cek beberapa detail seperti jenis pengiriman apa saja yang tersedia, metode pembayaran apa yang bisa digunakan, hingga biaya admin yang bisa jadi pertimbanganmu dalam memilih platform e-commerce.

Pilih platform yang bisa memberikan benefit paling menarik 

Kalau sudah mencari tahu seluk-beluk e-commerce yang akan kamu pakai, jangan lupa juga untuk cari tahu benefit apa saja yang ditawarkan oleh platform tersebut. Apakah ada promo gratis ongkir, promo cashback, atau bahkan promo di setiap official store yang tersedia di platform. Nggak hanya itu saja, ada satu hal penting yang menurut saya wajib ada di sebuah e-commerce yaitu fitur pengembalian produk. 

Salah satu e-commerce yang menyediakan fitur tersebut adalah Lazada! Fitur pengembalian produk  yang disediakan oleh Lazada tentunya akan sangat membantu konsumen ketika salah membeli barang, misalnya ukuran yang salah, warna yang salah, dll. Namun, hal ini tentunya juga sudah dipertimbangkan oleh Lazada agar tetap nggak merugikan penjual, ya!

Baca juga: Dua Minggu Lagi, Intip Apa Saja yang Akan Meramaikan Jakarta X Beauty!

Untuk pengembalian barang yang dilakukan pun nggak dikenakan biaya sepeser pun, sesuai dengan kriteria yang berlaku, dan tentunya bisa dilakukan selama 7 hari, bahkan khusus untuk LazMall periode pengembalian diperpanjang dari 15 hari menjadi  30 hari (khusus untuk LazMall) setelah barang diterima olehmu. Caranya juga gampang, lho. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah di atas! Gimana, menarik dan mudah banget untuk dilakukan, kan?

Gunakan platform yang punya customer service responsif

Mungkin hal ini terkadang suka nggak dipikirkan oleh konsumen, padahal penting juga. Memilih e-commerce dengan customer service yang responsif itu penting, karena bisa mempermudah kamu ketika mengalami kesulitan saat memakai platform e-commerce tersebut. Oleh karena itu, carilah e-commerce yang punya layanan chat real time dengan customer service, bukan hanya customer service yang membalas dengan template!

Baca juga: Exhibition SEVENTEEN ‘FOLLOW FELLOW’ Hadir di PIM 3! Bisa Foto Pakai Name Tag Member!

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar jadi konsumen yang pintar saat berbelanja online. Mudah, bukan? Semoga kita semua bisa jadi smart buyer dan lebih bijak saat berbelanja, ya!

 

Image: Dok. Brand, Freepik

The post Ikuti 3 Tips Ini Kalau Kamu Mau Jadi Konsumen yang Pintar! appeared first on Female Daily.
https://ouo.io/oWv49P

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started